Workshop Pemrograman : Operator Overloading (minggu ke 2 alpro)

Assalamualaikum WR.WB
         Selamat sore kawan kawan, kembali lagi bersama saya. Sore ini saya akan membuat artike  yang berjuduluh  "Workshop Pemrograman : Operator Overloading (minggu ke 2 alpro)" . Didalam artikle ini terdapat 5 soal yang akan saya bahas sedikit. Ada 3 soal yang akan saya bahas di artikle ini dan sisanya akan dibahas di artikle rekan kerja saya atau teman kelompok saya di blog yang berbeda.
       Oke langsung saja kita ke soalnya.


1. Buat program yang meminta user memasukan jam, menit, detik kemudian menampilkannya dengan format jam:menit:detik. Deklarasikan jam dan menit berupa integer, sedangkan menit berupa floating point. Buat masukan dan keluaran menggunakan operator overloading << dan >> sesuai yang dikehendaki.
a. Buat class waktu, termasuk operator oveloading input dan output
      class waktu {
                 friend ostream& operator<<(ostream&, const waktu&);
                 friend istream& operator>>(istream&, waktu&);
      public;
                  //berisi methods atau fungsi
      private:

     };
b. Buat implementasi operator overloading input dan output
c. Buat main function
 Jawaban untuk nomer di atas bisa anda lihat di blog teman saya yaitu klik disini . Disana sudah lengkap ada jawaban dan kodingannya.




2. Buat program yang meminta user memasukan bagian penyebut dan pembilang dari sebuah bilangan rasional berbentuk p/q. Setiap memasukkan bilangan rasional outptnya berbentuk p/q. Misalnya masukkan 1 dan 2 maka tampilan outputnya 1/2
 gambar di atas adalah jawaban dari nomer 2 yang saya kerjakan menggunakan RAPTOR.
gambar yang diatas adalah jawaban dari nomer 2 yang sebelumnya saya kerjakan di raptor yang kemudian saya generate ke  C++




3. Buatlah program yang meminta user memasukkan bagian ribuan, ratusan, puluhan dan satuan. Misalnya : 1000, 200, 30, 4. tampilan yg dikehendaki adalah 1234.

Gambar diatas adalah jawaban soal nomer 3 yang dikerjakan diaplikasi raptor.
Gambar diatas gambar jawaban nomer 3 yang sebelumnya dikerjakan di raptor dan di generate ke c++.
 4. Buatlah program untuk mempresentasikan operasi-operasi aritmatika : penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. User diminta memasukkan 2 buah bilangan bulat, kemudian menampilkan dan sajian lengkapnya dari semua operasi.
gambar diatas adalah jawaban dari soal nomer 3 yang dikerjakan di RAPTOR.

gambar di atas adalah jawaban dari soal nomer 3 yang sebelumnya di kerjakan menggunakan raptor dan di generate ke C++.

5.  Buatlah program untuk mempresentasikan bilangan bulat menjadi bilanga n scientific number berbentuk 1.23E1 untuk menyatakan bilangan 12.3. Masukan bilangan bulat 4 digit, keluaran berbentuk aEb, dengan a adalah bilangan antara 0 dan 10, sedangakan b dari 0 sampai 4.
untuk jawaban soal nomer 5 ini bisa di buka di halaman blog KLIK DISINI. 

     Untuk hari ini sekian dari saya, semoga artikle ini bisa bermanfaat bagi kita semua. 
 





Komentar